Berbagia Contoh Surat Dengan Formatnya - Contoh Surat Lamaran,Surat Undangan,Surat Resmi,Surat Kuasa ,Dll

Format Baru Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Dalam Membuat Surat baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.

Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik


Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat

  1. Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
  2. Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  3. Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
  4. Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
  5. Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
  6. Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.

Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:

Format Baru Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk setiap orang yang sudah dewasa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan guna mencukupi kebutuhan sehari-harinya sebagai manusia. Untuk itu, diperlukan sebuah pekerjaan untuk dapat memperlancar kelangsungan hidup manusia. Kebanyakan para orang dewasa lebih memilih untuk mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan di kota besar dari pada bekerja menciptakan lapangan pekerjaan sendiri atau bekerja di kampung halaman, karena mereka menganggap gajinya lebih banyak. Oleh karena itu, untuk melamar di perusahaan, mereka harus membuat surat lamaran pekerjaan. Disini kami akan mengulas sedikit tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik.

Cara-Membuat-Surat-Lamaran-Kerja-Yang-Baik

Bagi anda yang akan melamar pekerjaan yang baik, terdapat beberapa tips membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Pertama, gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam bahasa Indonesia. Kedua, susunlah format penulisan surat secara rapi dan janganlah menulis dengan kata-kata yang susah. Ketiga, tulislah surat lamaran secara manual atau tulis tangan untuk membuktikan keaslian bahwa benar-benar anda yang membuat surat lamaran tersebut. Keempat, lengkapilah surat lamaran dengan data yang diperlukan sebagai acuan pertimbangan dalam proses seleksi perekrutan tersebut. Kelima, lampirkanlah beberapa surat atau berkas pendukung lainnya seperti ijazah pendidikan, sertifikat, penghargaan, dan lainnya.


Dalam penulisan surat lamaran ciptakanlah kesan yang baik dan sopan melalui surat lamaran kerja yang anda tulis agar anda mendapatkan kesan sebagai pelamar yang baik dan berperilaku positif. Pada paragraf terakhir, tegaskanlah kepada mereka tentang kesungguhan dan kemantapan anda dalam melamar pekerjaan dan mintalah mereka untuk segera menghubungi anda jika berkenan menerima lamaran anda. Berikut ini kami berikan contoh cara membuat surat lamaran kerja yang baik untuk anda.

Format Baru Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik


Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan

PT. Bangunan Jaya Sentosa

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.
Saya tamatan SMK, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :

Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
Pas Photo 4 x 6 1 Lembar
Foto Copy KTP 1 Lembar
Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,



Nama Terang


Dengan mengetahui metode pembuatan surat lamaran pekerjaan dengan baik, peluang anda untuk diterima di instansi atau tempat kerja yang anda inginkan semakin besar. Berusahalah untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang lebih baik dan berdoalah agar dapat memberikan hasil yang memuaskan. Begitulah usaha yang dapat manusia lakukan, segala keputusan berada pada Tuhan Sang Pemberi rezeki yang melewati sebuah pekerjaan tersebut. 

Demikianlah artikel mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik, semoga dapat memberikan hasil yang memuaskan dan semoga anda diterima. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Format Baru Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

0 comments:

Posting Komentar