Dalam Membuat Surat
baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.
Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik
Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat
- Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
- Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
- Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
- Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
- Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.
Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:
Format Baru Cara Membuat Surat Permohonan Pinjaman Uang Pada Perusahaan
Salah satu kebijakan perusahaan adalah memberikan pinjaman uang kepada karyawannya. Memang terkadang gaji seorang karyawan tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada. Misalkan ada keperluan yang mendesak dan membutuhkan dana dengan cepat. Untuk mendapatkan dana tersebut, perusahaan tempat anda bekerja merupakan salah satu tempat yang mungkin bisa memberikan anda pinjaman.
Dan untuk melakukannya, anda tentu saja harus melalui beberapa prosedur resmi dengan mengikuti peraturan perusahaan. Salah satu yang anda butuhkan adalah surat permohonan pinjaman uang pada perusahaan. Surat ini adalah langkah resmi dan sebagai bukti dokumen bagi perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan surat ini juga, akan terkesan lebih formal dan resmi.
Surat peminjaman uang adalah sebuah surat pernyataan yang dibuat oleh peminjam sebagai pernyataan dirinya karena telah meminjam uang kepada seseorang, lembaga, ataupun perusahaan yang dijadikan sebagai bukti jika di kemudian hari menimbulkan perselisihan. Dengan surat ini hendaknya peminjam memberikan pernyataan yang jelas yang berhubungan dengan peminjaman uang tersebut.
Dalam surat permohonan pinjaman uang pada perusahaan tersebut ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah :
1. Tuliskan kepada siapa surat tersebut ditujukan.
2. Berikan keterangan yang jelas mengenai diri anda, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor KTP, serta jabatan anda di perusahaan tersebut. Hal ini untuk memudahkan perusahaan mengenali diri anda.
3. Menyatakan dengan jelas bahwa anda akan meminjam uang dan sebutkan berapakah jumlahnya. Akan lebih baik jika anda memberikan alasan anda meminjam uang.
4. Hal yang paling penting, berikan keterangan mengenai cara pembayaran, tanggal pembayaran, dan lain sebagainya yang mungkin dianggap penting.
5. Bubuhkan tanda tangan anda.
Dan untuk lebih jelasnyaberikut ini kami lampirkan contoh surat permohonan pinjaman uang pada perusahaan.
Pekalongan, 13 April 2017
Kepada Yth.:
Manager Keuangan
PT. Indah Sari Damai
Jl. Sudirman Raya No.12 Semarang
Dengan hormat,
Dengan ini saya:
Nama : Riani Anjelita, S.Kom
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Desember 1975
Alamat : Jl. Kebokura No. 12D Pekalongan
No. KTP : xxxxxxx
Jabatan : Asisten Manager Keuangan PT. Indah Sari Damai
Bermaksud mengajukan permohonan pinjaman kepada perusahaan sebesar Rp 20.000.000,- yang akan saya gunakan untuk membayar uang masuk kuliah anak saya yang baru saja diterima di Universitas Indonesia Jurusan Hukum. Adapun besarnya cicilan pembayaran yang mampu saya lakukan adalah sebesar Rp 2.000.000,- dengan cara potong gaji langsung sehingga pinjaman saya akan lunas dalam 10 bulan.
Sebagai informasi, saat ini saya sedang tidak ada pinjaman lain, baik pinjaman dari dalam area perusahaan maupun diluar area perusahaan sehingga saya sangat yakin bahwa saya bisa melakukan cicilan pembayaran dengan tertib dan pinjaman saya akan lunas tepat pada waktunya.
Demikian surat permohonan pinjaman ini saya buat, mohon untuk segera dipertimbangkan. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,
Riani Anjelita, S.Kom
Demikianlah ulasan kami mengenai Format Baru Cara Membuat Surat Permohonan Pinjaman Uang Pada Perusahaan. Semoga bermanfaat.
0 comments:
Posting Komentar