Dalam Membuat Surat
baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.
Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik
Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat
- Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
- Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
- Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
- Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
- Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.
Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar - Surat adalah media komunikasi tertulis untuk disampaikan pada pihak lain guna mendapatkan jawaban atau hanya menyampaikan informasi dan keterangan kepada pihak terkait. Jika dulu surat merupakan alat yang digunakan oleh semua orang untuk berkomunikasi baik resmi maupun tidak. Namun kini seiring dengan berjalannya waktu dan majunya teknologi, surat kini dianggap merupakan alat komunikasi yang resmi atau formal. Surat kini digunakan pada instansi, perusahaan, dan lembaga resmi lainnya.
Mengenai surat pengantar, surat ini memiliki peranan penting di dalamnya. Surat pengantar ini sendiri merupakan sebuah surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan pada pihak yang dituju bahwa hal yang ingin dilakukan oleh sang pembawa surat telah diketahui serta atas izin orang yang bertanggung jawab.
Di bawah ini kami akan membagikan
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar. Hal ini bertujuan agar surat yang anda buat terlihat baik dan sesuai dengan kaidah resminya. Marik simak ulasan lengkap kami berikut ini.
1. Kop Surat
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar yang pertama adalah perhatikan pembuatan kop surat. Yang namanya surat resmi tentu saja harus menggunakan kop surat. Tujuannya adalah untuk menunjukkan keresmian surat tersebut. Untuk membuat surat pengantar, anda tidak boleh melupakan kop surat. Secara langsung kop surat ini akan menjelaskan siapa pengirim surat tersebut. Hal ini dikarenakan dalam sebuah kop surat telah tercantum nama instansi serta alamat instansi yang memberikan surat pengantar tersebut.
2. Pemberi dan Penerima
Memperhatikan pemberi dan penerima juga merupakan salah satu
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar. Surat pengantar dokumen biasanya memiliki penerima khusus. Hal ini yang menyebabkan surat pengantar harus menuliskan nama pengantar dan penerima pengantar tersebut. Dalam penulisannya juga harus jelas mulai dari nama, jabatan, hingga instansi yang terkait.
3. Tanggal
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar yang berikutnya adalah perhatikan tanggal di surat pengantar. Hal ini menjadi hal yang penting karena tanggal ini menunjukkan tanggal pembuatan serta tanggal berlakunya surat pengantar tersebut. Sehingga dapat diketahui kapan surat tersebut dibuat dan sejak kapan surat pengantar tersebut berlaku.
4. Pemilihan Bahasa
Dan
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar yang terakhir adalah pemilihan bahasa. Pemilihan bahasan ini menjadi salah satu kunci penting dalam setiap pembuatan surat. Karena surat ini bersifat resmi, maka gunakanlah bahasan yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Dan sebaiknya buatlah surat yang singkat, padat, dan jelas dengan bahasa formal yang santun.
Demikianlah ulasan kami mengenai
Format Baru Cara Membuat Surat Pengantar Yang Baik Dan Benar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.
0 comments:
Posting Komentar