Dalam Membuat Surat
baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.
Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik
Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat
- Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
- Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
- Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
- Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
- Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.
Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:
Format Baru Contoh Surat Resign Yang Baik
Dalam dunia kerja pastilah ada suka dan duka yang dialami oleh setiap orang saat bekerja. Setiap orang berbeda-beda dalam menjalani dunia kerja saat mengalami perselisihan ataupun putus asa. Rasa lelah dan bosan dalam menjalani pekerjaan sekarang akan membuat anda ingin mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Untuk surat pengunduran diri haruslah dengan cara yang baik agar dapat dipahami dan dengan cara sopan. Dalam artikel ini nantinya akan dibahas mengenai
contoh surat resign yang baik.Tips membuat surat resign yang baik dan sopan adalah dengan menggunakan tata bahasa yang benar dan baik.
Bagian-bagian pembuatan surat resign yaitu waktu, yakni waktu pembuatan surat resign, harus ditulis dengan format lengkap dan ditulis menggunakan huruf, bukan angka. Selanjutnya yaitu head line, yakni judul surat yang anda buat, yang ditulis dengan huruf tebal dan font besar, serta penulisannya langsung mengarahkan pada maksud surat tersebut. Bagian selanjutnya, orang yang ditujukan dalam surat. Dalam penunjukan surat resign tersebut jangan sampai salah ataupun kelewatan, karena hal tersebut akan mengakibatkan surat anda tidak direspon. Kemudian berikanlah penjelasan atau alasan yang jujur penyebab resign yang anda lakukan. Dan terakhir, ucapkanlah rasa terima kasih anda atas kerja sama yang diberikan dan agar hubungan anda dengan pihak tempat anda bekerja dapat terjalin dengan baik.
Untuk sampel cara pembuatan surat resign juga harus sopan dan jelas agar dapat dipahami. Hal terpenting untuk pembuatan surat resign yaitu surat tersebut harus memiliki isi dan alasan yang ringkas, padat dan jelas, serta jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Untuk lebih jelasnya, berikut
contoh surat resign yang baik.
Format Baru Contoh Surat Resign Yang Baik
Semarang, 25 Januari 2016
Kepada
Yth. ManagerHRD
PT Satria One Sejahtera
Jl. Elang 45 Semarang
Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Agus Salim, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Satria One Sejahtera sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 25 januari 2015.
Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Satria One Sejahtera, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Satria One Sejahtera jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.
Saya mengharapkan selalu PT Satria One Sejahtera dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.
Hormat saya,
Agus Salim
Faktor yang membuat seseorang memutuskan resign banyak sekali, dan agar faktor tersebut dapat diterima oleh pihak tempat anda bekerja, anda haruslah membuat surat
resign tentunya dengan cara yang baik. Surat
resignnantinya akan berguna bagi anda dan pihak atasan maupun karyawan untuk menjalin hubungan yang baik walaupun tidak bersama-sama.
Itulah
contoh surat resign yang baik. Semoga dengan adanya contoh tersebut dapat menambah referensi anda untuk membuat surat
resign.
0 comments:
Posting Komentar