Dalam Membuat Surat
baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.
Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik
Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat
- Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
- Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
- Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
- Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
- Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.
Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:
Format Baru Format Lamaran Kerja
Banyak sekali jumlah pengangguran yang ada di Indonesia yang rata-rata mereka dari kalangan lulusan tingkat sekolah menengah dan bahkan tak sedikit pula mereka yang belum lulus dalam mengenyam pendidikan yang harus terpaksa berhenti karena faktor ekonomi. Banyak dari mereka yang melamar pekerjaan tetapi ditolak karena kurangnya persyaratan dan cara penulisan surat lamaran yang salah. Untuk anda yang ingin melamar pekerjaan tetapi asih ragu dengan format lamaran kerja, tak usah pusing lagi untuk mencari jawabannya, karena di sini akan kami ulas.
Surat lamaran yang baik yaitu surat yang dibuat sesuai dengan format dan struktur yang baik. Pada umumnya format surat lamaran kerja yang baik dan lengkap yaitu pertama, berisi tempat dan tanggal penulisan surat. Kedua, instansi yang dituju untuk melamar pekerjaan. Instansi ini harus disebutkan dengan jelas dan lengkap. Ketiga, salam pembukaan/hormat, untuk memberikan rasa hormat kepada pembaca surat tersebut. Keempat, kata pengantar, yang berisi lamaran anda untuk mendaftar bekerja di tempat tersebut. Kelima, identitas pribadi, yang berisi seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat, riwayat pendidikan, dan lainnya secara lengkap. Keenam, pengalaman kerja dan keterampilan, yang biasanya ditambahkan dengan data pelengkap seperti foto, curriculum vitae, foto copy ijazah, dan sebagainya. Ketujuh, harapan pelamar terhadap respon pimpinan instansi, dan terakhir penutup.
Format lamaran kerja biasanya dapat ditulis tangan ataupun diketik, tergantung dengan ketentuan yang dibuat oleh instansi tempat anda mendaftar pekerjaan. Tetapi jika lamaran pekerjaan untuk melamar sebagai CPNS harus ditulis tangan untuk membuktikan keaslian dan kemampuan sang pelamar tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai format lamaran kerja, dapat anda perhatikan contoh berikut.
Format Baru Format Lamaran Kerja
Surabaya, 20 Januari 2015
Kepada Yth. HRD
PT. BANK MANDIRI Tbk,
Jl. Merdeka Selatan no. 99
Surabaya
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Agung Budianto
Temp./Tgl. Lahir : Nganjuk, 27 Juni 1991
Alamat : A.Yani No 77 Nganjuk
No. Telp / HP : 0813 3266 6788
Pendidikan : S1 Matematika
Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Admin ( Administration ).
Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya sertakan lampiran berikut :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru.
Demikian surat lamaran kerja ini, saya mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dari Bapak / Ibu.
Hormat Saya,
Budianto
Dari berbagai contoh format penulisan lamaran pekerjaan, ada baiknya anda untuk memodifikasinya berdasarkan kelengkapan biodata diri anda dan spesifikasi life skill yang anda miliki agar terlihat menarik dan berguna untuk memperbesar peluang anda untuk diterima bekerja. Selain itu, buatlah lamaran pekerjaan tersebut dengan jujur.
Itulah beberapa format lamaran kerja yang kami sampaikan, semoga dapat memberikan referensi bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba.
0 comments:
Posting Komentar