Dalam Membuat Surat
baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.
Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik
Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat
- Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
- Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
- Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
- Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
- Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.
Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:
Format Baru Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja
Dalam dunia kerja, ada yang namanya surat lamaran pekerjaan. Surat ini merupakan surat yang paling umum ada di dunia kerja. Karena surat lamaran pekerjaan ini adalah salah satu persyaratan yang selalu diberikan oleh sebuah perusahaan, instansi, dan lain sebagainya kepada para calon karyawannya. Nah cara menyampaikan hasil seleksi atau jawaban untuk surat lamaran pekerjaan dalam setiap perusahaan dapat saja berbeda. Mungkin bisa via elepon, via email, dan yang paling baik adalah dengan menggunakan surat.
Dan kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara membuat surat penolakan lamaran kerja. Surat ini sendiri biasanya dikeluarkan oleh bagian personalia pada sebuah perusahaan. Surat ini diperlukan karena meskipun menolak lamaran pekerjaan seseorang, tentu saja ada hal yang perlu diperhatikan agar penolakan tersebut masih terkesan sopan.
Surat penolakan lamaran kerja ini merupakan surat resmi yang ditulis oleh sebuah perusahaan atau instansi tertentu yang berisi tentang balasan, pemberitahuan, atau konfirmasi bahwa lamaran kerja yang diajukan orang yang bersangkutan tersebut dinyatakan ditolak atau tidak diterima oleh perusahaan. Memang tidak semua perusahaan mengirimkan surat penolakan lamaran kerja kepada para pelamar yang tidak lolos. Kebanyakan perusahaan hanya memberikan pengumuman dalam sebuah surat yang dipublikasikan di situs tertentu ataupun ditempelkan pada papan pengumuman di perusahaan tersebut.
Cara membuat surat ini pun tak terlalu berbeda dengan surat-surat resmi lainnya. Yang membedakan surat penolakan lamaran kerja ini adalah hanya terletak pada isi pokok surat yang menjelaskan tentang penolakan lamaran kerja kepada seseorang. Perlu diingat bahwa dalam menulis surat ini, hendaknya pergunakan kata-kata yang sopan. Hal ini bertujuan agar tidak menyinggung sang pelamar.
Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan contoh mengenai surat penolakan lamaran kerja.
Contoh :
PT. ANGKASA RAYA
Jl. Pahlawan No. 125 Jakarta Selatan
Telp. xxxx xxxxxx Fax. xxxxxx
======================================================================
SURAT PENOLAKAN LAMARAN KERJA
Nomor : 06689/HRD-AR/VI/2017
Kepada Yth:
Dona Sepriani, Amd.
Jl. Reformasi No. 92
Jakarta Pusat
Dengan Hormat,
Dengan ini kami beritahukan, bahwa kami sudah menerima surat lamaran kerja dari Saudari tertanggal 15 Juni 2017 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Staff Administrasi di PT. Angkasa Raya.
Namun dengan berat hati kami sampaikan, bahwa surat lamaran kerja saudara kami tolak dikarenakan ada beberapa hal yang masih berada dibawah standar kualifikasi yang kami butuhkan.
Demikian surat ini kami sampaikan, agar dapat dimaklumi dan semoga suatu saat nanti Saudari bisa bergabung dengan PT. Angkasa Raya.
Jakarta, 15 Juni 2017
Hormat Kami,
PT. Angkasa Raya
(Dewo Suseno, S.Psi)
Manager Personalia
Demikianlah ulasan kami mengenai surat penolakan lamaran kerja. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan kami yang selanjutnya.
0 comments:
Posting Komentar