Dalam Membuat Surat
baik itu surat pribdadi atau surat resmi harus menggandung unsur-unsur yang mudah dipahami dan sesuai dengan sasaran. Dan yang paling penting adalah selalu menggunakan bahasa formal dalam hal ini adalah harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karean orang akan menilai kita pertama kali adalah dari segi tata bahasa yang kita gunakan.
Dan jangan lupa selalu perhatikan kata atau typing kata yang sudah ada ketik, sebab ini point penting yang akan mempengaruhi sebuah pemahaman orang yang membaca surat. Usahakan penamaan orang dan gelar jangan sampai salah. Dari sebuah bahasa dan ejan inilah orang akan dinilai profesional dan yang pasti kesan yang akan ditimbulkan menjadi lebih baik
Dan Berikut Faktor Utama Dalam Pembuatan Surat
- Bacaan yang baik, usahakan pembahsan yang anda tuliskan tidak keluar dari kontek atau tema yang anda bawakan dan bersifat jelas dan padat.
- Penulisan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Pilih penggunaan kata yang baik , tepat,padat dan sopan jangan terlalu bertele-tele dan muter-muter yang tidak karuan
- Tujuan yang akan anda tuju ditulis dengan tepat dan ditujukan kepada siapa
- Pastikan anda membaca ulang kata yang telah anda ketikan atau tulis, ini berguna untuk meneliti kembali hasil tulisan ada apakah sudah seseui dengan tepat atau belum atau masih ada salah kata supaya bisa langsung anda revisi kembali
- Dan jika anda menulis dengan tulisan tangan usahaka tulisan anda mudah dibaca serta kertas dalam keadaan bersih tanpa adanya coretan dan kotor bekas tangan atau terlipat.
Dan Berikut Contoh Surat Yang dapat Dijadikan Acuhan Anda:
Asli Contoh Surat Disposisi Yang Benar | Contoh Terbaru
Contoh Surat Disposisi Yang Benar - Pengertian disposisi pada hakekatnya adalah merupakan petunjuk singkat tentang tindak lanjut suatu penyelesaian terhadap urusan atau surat masuk. Sedangkan tujuannya pembuatan disposisi itu sendiri adalah agar staff atau bawahannya dapat menindaklanjuti / menyelesaikan suatu urusan / surat masuk yang sesuai kehendak pemimpin.
Nah, sebelum diserahkan kepada pimpinan, surat masuk terlebih dahulu dikendalikan oleh bagian administrasi dan diberi lembar disposisi. Jadi yang mengagendakan segala sesuatunya bagian administrasinya, baik-data-data maupun pengisiannya sudah semuanya dilakukan dengan baik, baru selanjutnya seorang pemimpin mendisposisikan siapa yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk menindaklanjuti, serta instruksi-instruksinya.
Berikut ini kami akan memberikan contoh surat disposisi, dan apabila Anda yang belum pernah membuatnya atau belum tahu silahkan Anda simak dan baca artikel yang ada dibawah ini, dan mungkin saja contoh ini bisa membantu Anda dalam menyusun surat tersebut.
Contoh Surat Disposisi Yang Benar
Contoh (1) Surat Disposisi Yang Benar ( Surat Penugasan ) ===================
Contoh (2) Surat Disposisi Yang Benar ( Surat Penugasan ) =======================
Contoh (3) Surat Disposisi Yang Benar ( Surat Edaran ) ====================
Demikianlah ada 3 buah contoh surat disposisi, dan tentu saja dalam artikel ini dapat membantu Anda terutama bagi yang belum pernah membuatnya, serta harapan kami supaya bermanfaat, minimal sebagai referensi Anda dalam menyusun atau membuat surat disposisi tersebut.
0 comments:
Posting Komentar